Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 14 Desember 2018 | 04:47 WIB

KPK Belum Temukan Pencucian Uang Eni Saragih

Oleh : Ivan Sethyadi | Rabu, 5 September 2018 | 08:38 WIB

Berita Terkait

KPK Belum Temukan Pencucian Uang Eni Saragih
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan masih fokus merampungkan berkas penyidikan Eni Maulani Saragih dikasus dugaan suap PLTU Riau-1.

Sehingga, dugaan pencucian uang yang dilakukan Eni, belum akan dilirik penyidik KPK dalam waktu dekat.

"Saya kira kita fokus pada kasus suapnya dulu sejauh ini," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (4/9/2018).

Apalagi, Eni dijadikan tersangka melalui Operasi Tangkap Tangan (OTT), sehingga KPK harus mengejar waktu untuk merampungkan berkas sejalan dengan masa penahanan sementara sesuai ketentuan hukum.

Meski begitu, penyidik kata Febri, tak akan menutup kemungkinan jika nantinya ada bukti kuat adanya penyamaran hasil korupsi yang dilakukan Eni untuk mengelebaui penegak hukum.

"Sekarang proses penyidikan masih berjalan terkait dugaan suapnya. Kita tunggu bagaimana perkembangan penyidik nanti," ungkapnya.

Eni Maulani Saragih, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ditangkap KPK karena terlibat suap menyuap dengan pengusaha Johannes Kotjo.

Eni diduga telah menerima suap Rp4,8 miliar dari Johannes untuk mengatur Blackgold Natural Resources Limited masuk dalam konsorsium penggarap proyek PLTU Riau-I. Sementara Idrus Marham dijanjikan hadiah oleh Johannes sebanyak USD1,5 juta. Idrus akhirnya jadi tersangka selanjutnya dalam kasus ini. [rok]

Komentar

Embed Widget
x