Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 01:31 WIB

KPU Tak Coret Caleg DPRD Malang yang Tersangka

Selasa, 4 September 2018 | 16:54 WIB

Berita Terkait

KPU Tak Coret Caleg DPRD Malang yang Tersangka
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Malang - Dari 22 anggota DPRD Kota Malang yang abru ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas kasus suap APBD-Perubahan Kota Malang tahun 2015, 18 diantaranya merupakan calon legislatif untuk Pileg 2019 mendatang.

"Dari 22 itu ada 18 yang menjadi tersangka dari Parpol. Bakal calon legislatif yang tersangkut korupsi, mereka semua masih tercatat dalam daftar calon sementara," kata Ketua KPU Kota Malang, Zaenuddin, Selasa, (4/9/2018).

Zaenuddin mengatakan, KPU Kota Malang tetap menghormati proses hukum yang berjalan. Menurutnya, KPU tidak bisa mencoret bakal calon legislatif yang sedang berurusan dengan KPK kecuali mengundurkan diri.

"Di dalam aturan, kpu tidak bisa mencoret calon yang masih berstatus tersangka atas dugaan pidana korupsi, kecuali ada keputusan yang incracht, KPU baru bisa mencoret. Kecuali mengundurkan diri," ujar Zaenuddin.

Zaenuddin menyebut, KPU menyerahkan seluruh prosesnya ke partai politik dan calon yang bersangkutan. Bakal calon diperbolehkan mundur di masa daftar calon sementara (DCS) sebelum daftar calon tetap (DCT) pada 4 hingga 10 September.

"KPU prinsipnya tidak bisa memberikan saran,aturan main dalam proses pencalonan. Mereka diberi hak mengundurkan diri dengan catatan. KPU tidak punya kewenangan mencoret. Saat ini komunikasi ke saya sudah ada beberapa yang memberikan kabar ingin mengundurkan diri, tapi belum secara formal," tandas Zaenuddin.[beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x