Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 13 November 2018 | 08:49 WIB

Jalur Ponorogo-Trenggalek Kembali Ditutup

Minggu, 2 September 2018 | 22:11 WIB

Berita Terkait

Jalur Ponorogo-Trenggalek Kembali Ditutup
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Ponorogo - Jalur Ponorogo-Trenggalek melalui Kecamatan Sawoo yang sempat diberlakukan buka tutup akhirnya kembali ditutup total pada Minggu (2/9/2018).

Kapolsek Sawoo, AKP Edi Suyono mengatakan, kabar ini diterimanya dari Polsek Tugu, Trenggalek. "Berdasar berita telepon dari Kapolsek Tugu Polres Trenggalek, mulai pukul 17.00 WIB jalur ditutup total," ungkap AKP Edi Suyono tanpa bisa memberi konfirmasi kapan jalur dibuka kembali.

Belum jelas penyebab ditutupnya jalur ini, namun seperti penutupan jalur pada Sabtu (1/9/2018) kemarin, alasannya adalah material longsor yang menutupi jalan. Apalagi pada petang hari, jalur di KM 16 dari Trenggalek ini kondisinya gelap karena tidak ada lampu penerangan di sekitarnya. Jalur ini juga menanjak meskipun tidak terjal dengan jurang di sekitarnya.

Longsor di sekitar Nglinggis terjadi pada Sabtu lalu sekitar pukul 12.00 WIB. Longsor ini disebabkan gugurnya tebing yang bagian bawahnya sedang dilakukan pelebaran jalan oleh Kementerian PUPR. Jalur ini merupakan jalur nasional sehingga di bawah tanggung jawab PU Bina Marga. Pada Sabtu hingga Minggu siang, jalur ini ditutup total.

"Sebenarnya jalur yang longsor itu sedang dilebarkan. Kabar dari Kapolsek Tugu, Trenggalek, longsor ini di titik yang beberapa waktu lalu longsor (Sabtu, 25/8/2018).Ternyata tebing di atas jalur yang sedang diperlebar jalannya ternyata ambruk," ungkap AKP Edi Suyono.

Kondisi tanah yang labil membuat kawasan tersebut rawan longsor. Sehingga setiap pengguna jalan memang harus waspada, karena longsor bisa terjadi sewaktu-waktu.

Begitu longsor, arus yang melewati kawasan ini langsung ditutup total. Sejak Sabtu siang, evakuasi juga dilakukan. Pembersihan material longsor juga dilaksanakan. Minggu sekitar pukul 12 siang jalur sudah bisa dilewati kembali dengan sistem buka tutup arus satu jalur saja.

Ia mengaku tidak bisa memprediksi kapan arus akan lancar kembali. Sebab longsor bisa terjadi setiap saat terutama di saat musim hujan yang diperkirakan segera berlangsung. Polsek Sawoo pun terus menyiagakan anggota untuk mengamankan jalur ini. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x