Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 15 November 2018 | 18:43 WIB

Demokrat: Tugas TNI-Polri Sudah Diatur UU

Oleh : Happy Karundeng | Senin, 27 Agustus 2018 | 05:04 WIB

Berita Terkait

Demokrat: Tugas TNI-Polri Sudah Diatur UU
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan seharusnya sesuai ketentuan Undang-Undang, tugas TNI dan Polri bukan untuk menyosialisasikan kinerja pemerintah.

"Seharusnya kita tugas-tugas TNI-Polri itu bukan termasuk itu. Peran dan tugas mereka itu kan sesuai dengan UU no 34 yang berisi menyangkut dengan menegakkan kedaulatan negara republik Indonesia. Menjaga Kedaulatan sesuai dengan UUD 45 dan melindungi rakyat bangsa Indonesia," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (27/8/2018).

Ia menjelaskan, bertolak dari aturan yang sudah ada dalam Undang-Undang tersebut, pernyataan dan langkah Presiden Joko Widodo yang meminta TNI-Polri menyosialisasikan kinerja pemerintah, adalah hal yang bertentangan tugas kedua institusi ini.

"Jadi kalau kita lihat dari sisi UU itu, apa yang disampaikan pak Presiden itu tidak sesuai dengan tugas TNI-Polri," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan khusus kepada perwira TNI-Polri untuk ikut menyosialisasikan program dan kerja-kerja pemerintah.

Arahan untuk personel pertahanan negara dan penegak hukum itu disampaikan Presiden Ketujuh RI, di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (23/8). Pada forum itu hadir Menko Polhukam Wiranto, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Berkaitan dengan program-program pemerintah, kerja-kerja pemerintah yang telah banyak kita lakukan. Saya titip agar seluruh perwira juga ikut menyosialisasikan, disosialisasikan, ikut disampaikan pada momen-momen yang memang tepat untuk menyampaikannya," kata Jokowi. [hpy]

Komentar

x