Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 01:32 WIB

DPR Tegaskan Tugas TNI-Polri Sesuai TAP MPR

Oleh : Happy Karundeng | Minggu, 26 Agustus 2018 | 07:02 WIB

Berita Terkait

DPR Tegaskan Tugas TNI-Polri Sesuai TAP MPR
Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Nasir Djamil - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PKS Nasir Djamil mengatakan pada dasarnya tugas dari TNI dan Polri itu sudah jelas tercantum dalam Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (TAP MPR).

"Sebenarnya kan Polri itu kerjanya menjaga keamanan. TAP MPR menjelaskan TNI adalah alat negara yang memiliki kewenangan di bidang pertahanan. Semantara Polisi itu alat negara yang punya kewenangan menjaga keamanan. Sudah jelas tupoksinya," katanya kepada INILAHCOM, Sabtu (25/8/2018).

Ia pun jelas mempertanyakan, jika TNI dan Polri diminta untuk menyosialisasikan program atau kinerja pemerintahan, dalam bidang apa yang bisa dijelaskan TNI-Polri. Kalaupun soal keberhasilan, harus diimbangi.

"Nah kalau kemudian dia (TNI-Polri) diminta menyosialisasikan kinerja pemerintah, yang seperti apa? kalau disuruh menyampaiakn program pemerintah yang mana? kalau misalnya yang sudah sukses, yang belum sukses juga harus disampaikan," ujarnya.

Ia pun menganggap ini adalah sesuatu yang sangat membingungkan. Untuk itu ia sangat menyayangkan jika memang TNI-Polri harus menyosialisasikan kinerja pemerintah. Marwah institusi Polri dianggap akan jatuh di mata masyarakat.

"Ini agak membingungkan. Saya sangat menyayangkan sekali kalau institusi TNI-Polri dibebankan dengan hal seperti itu. Mau dibawa kemana institusi TNI dan Polri di mata rakyat Indonesia kalau kemudian mereka dibebankan dengan beban seperti itu," tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan khusus kepada perwira TNI-Polri untuk ikut menyosialisasikan program dan kerja-kerja pemerintah.

Arahan untuk personel pertahanan negara dan penegak hukum itu disampaikan Presiden Ketujuh RI, di Istana Negara, Jakarta pada Kamis (23/8). Pada forum itu hadir Menko Polhukam Wiranto, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

"Berkaitan dengan program-program pemerintah, kerja-kerja pemerintah yang telah banyak kita lakukan. Saya titip agar seluruh perwira juga ikut menyosialisasikan, disosialisasikan, ikut disampaikan pada momen-momen yang memang tepat untuk menyampaikannya," kata Jokowi. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x