Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 11 Desember 2018 | 04:14 WIB

BNPB Imbau Warga Tak Sebar Informasi Hoax

Senin, 13 Agustus 2018 | 03:21 WIB

Berita Terkait

BNPB Imbau Warga Tak Sebar Informasi Hoax
(Foto: twitter/sutopo_pn)

INILAHCOM, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat tak sembarang menyebar berita hoax. Terlebih lagi informasi tentang gempa berkekuatan besar yang bakal mengguncang wilayah Lombok.

Pasalnya, saat ini korban gempa Lombok masih diselimuti rasa trauma dengan bencana gempa yang terjadi sebelumnya. Karena itu masyarakat diminta untuk memilah-milah berita yang beredar di media sosial (medsos) jika untuk disebarkan kembali.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan belum ada ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat mengetahui kapan gempa terjadi secara pasti.

"Jika masyarakat menerima informasi akan terjadi gempa dengan menyebutkan waktu, magnitude, lokasi, itu tidak benar. Abaikan, jangan ikut-ikutan menyebarkan," ujarnya.

Sebelumnya media sosial memberitakan bakal terjadi gempa susulan berkekuatan 7 Skala Richter (SR) yang kembali mengguncang Lombok pada Minggu (12/8/2018). Sutopo menegaskan informasi berita tersebut adalah hoax atau tidak benar.

"Itu semua hoax," tegasnya. [ton]

Komentar

x