Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 10:55 WIB

Tabuhan Gendang Ramaikan Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 10 Agustus 2018 | 11:51 WIB
Tabuhan Gendang Ramaikan Pendaftaran Jokowi-Ma'ruf
(Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Berbagai atribut unik digunakan massa pendukung Joko WIdodo-Ma'ruf Amin saat mengawal keduanya mendaftar jadi capres-cawapres di KPU RI, Jumat (10/8/2018).

Salah satunya masa datang dengan Baleganjur yaitu dengan iring-iringan rombongan yang memainkan gamelan. Aksi ini dilakukan relawan Jangkar Jokowi. Mereka memilih membawa Baleganjur dan set gamelan khas Bali. Gamelan itu dimainkan selama Jokowi dan Ma'ruf Amin berada di dalam gedung KPU.

Koordinator relawan Jangkar I Ketut Guna Artha mengatakan alat musik Baleganjur tersebut merupakan representasi kegembiraan. Dia berharap kontestasi Pilpres 2019 disambut dengan kegembiraan.

"Alat musik ini salah satu yang merepresentasikan kan kegembiraan. Biasanya ini buat seremoni pembukaan atau pengawalan. Tradisi politik kita harusnya kan kegembiraan," ujar dia.

Tabuhan gamelan itu terus dimainkan untuk memeriahkan suasana dan membawa kegembiraan untuk Pilpres 2019. Tujuan lain kesenian yang digunakan karena menurutnya akhir-akhir ini politik seakan-akan mencekam dan membawa permusuhan.

"Akhir-akhir ini politik seakan-akan mencekam dan seakan-akan membawa permusuhan. Harusnya itu kan kontestasi biasa untuk itu kami mencoba menyuguhkan suatu yang berbeda," terangnya.

Tak hanya gamelan khas Bali, ada juga relawan yang memakai pakaian adat. Mereka semua berbaur menjadi satu di depan KPU.

Diketahui, Jokowi dan Ma'ruf Amin dinyatakan telah resmi mendaftar sebagai capres-cawapres di KPU. Keduanya kini bertolak meninggalkan gedung KPU. Keduanya keluar dari gedung KPU sekitar pukul 10.29 WIB. [hpy]

Komentar

Embed Widget

x