Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 01:19 WIB

Kemendagri Belum Terima Laporan Sandi Cawapres

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 9 Agustus 2018 | 17:30 WIB

Berita Terkait

Kemendagri Belum Terima Laporan Sandi Cawapres
Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono menyebut Wakil Gubernur DKI, Sandiaga Uno belum melapor untuk maju sebagai calon wakil presiden.

Nama Sandi semakin menguat sebagai cawapres mendampingi Prabowo Subianto.

"Setahu saya sampai saat ini belum (melapor). Saya kan baru dari Makasaar, nanti saya cek dulu," kata Sumarsono di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Namun, Sony belum tahu jika Sandi sudah berbicara dengan Mendagri, Tjahjo Kumolo.

"Sampai saat ini setahu saya sebagai Dirjen Otda belum, tapi nggak tahu mungkin barangkali ke pak Mendagri. Secara formal saya belum membaca karena belum ngantor," katanya.

Secara aturan, kepala daerah yang maju dalam Pilpres harus meminta izin kepada Presiden melalui Kemdagri. Hal ini berdasar Pasal 29 Ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) nomor 32 tahun 2018 yang menyatakan 'Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota yang akan dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta izin kepada presiden'. Secara teknis izin tersebut disampaikan ke Dirjen Otda.

Sumarsono menjelaskan, izin ini merupakan etika atau sopan santun dalam administrasi pemerintahan. Untuk itu, kata Sumarsono izin ini dapat dilakukan Sandiaga setelah mendaftar ke KPU.

"Ya setalah dari KPU bisa lapor mungkin ndak usah begitu sebelum ditetapkan, sekarang kan belum berani lapor wong belum ada keputusan. Yang penting ada lapor soal sebelum atau setelah tidak masalah, itu soal etika saja. Soal etika administrasi saja, sama dengan anakmu mau masuk kemana kan harus lapor bapaknya," jelasnya. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x