Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:49 WIB

KPK Usut Asal Uang Rp1,4 M dari Rumah Wabendum PPP

Oleh : Ivan Setyadhi | Rabu, 8 Agustus 2018 | 20:35 WIB
KPK Usut Asal Uang Rp1,4 M dari Rumah Wabendum PPP
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP), Puji Suhartono tampaknya punya persoalan serius di KPK.

Selain diperiksa sejak pagi hingga malam ini belum selesai, KPK juga menelisik aliran dana yang diduga diterima Puji Suhartono.

Dugaan ini mencuat setelah tim penyidik menyita uang sebesar Rp1,4 miliar saat menggeledah rumah Puji di Tangerang Selatan beberapa waktu lalu.

"Penyidik mengkonfirmasi terkait dengan uang yang disita di rumah saksi tersebut, (Puji Suhartono)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (8/8/2018).

Diduga, uang tersebut terkait dengan kasus suap yang telah menjerat anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Demokrat, Amin Santono dan Kasie Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Pemukiman pada Ditjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (Kemkeu), Yaya Purnomo tersebut.

Febri memastikan, dalam pemeriksaan ini, tim penyidik mencecar Puji soal asal usul uang tersebut. Tak hanya itu, tim penyidik juga menggali keterlibatan Puji Suhartono dalam proses pembahasan anggaran dana perimbangan daerah.

"Tentu dilihat lebih jauh dari mana asal-usul uang itu dan juga pengetahuan saksi terkait dengan proses pembahasan anggaran," tegasnya.

KPK saat ini sedang mendalami pihak lain yang terlibat atau turut kecipratan aliran dana dari kasus suap ini. Tak hanya pada pejabat Kemkeu dan pejabat daerah, KPK juga mendalami keterlibatan anggota DPR lain.

Pengembangan kasus ini mencuat setelah tim penyidik menggeledah tiga lokasi beberapa waktu lalu. Selain rumah Puji Suhartono, KPK juga menggeledah rumah dinas anggota DPR fraksi PAN di Kalibata, dan Apartemen milik tenaga ahli anggota DPR Fraksi PAN di Kalibata City.

Dari apartemen tenaga ahli anggota DPR fraksi PAN, tim menyita satu unit mobil jenis Toyota Camry. Kemudian, dari kediaman Puji Suhartono, tim menyita uang sebesar Rp1,4 miliar dalam pecahan Dollar Singapura. Sedangkan dari rumah dinas anggota DPR fraksi PAN, KPK hanya menyita dokumen. [ton]

Komentar

x