Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:44 WIB

Jokowi Sebut TKA di Indonesia Cuma Kerja Proyek

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 8 Agustus 2018 | 15:22 WIB
Jokowi Sebut TKA di Indonesia Cuma Kerja Proyek
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku gerah dengan munculnya isu Indonesia dibanjiri jutaan tenaga kerja asing di beberapa daerah tanah air yang terus menjadi sorotan belakangan ini.

Di hadapan para ulama, Jokowi menegaskan bahwa kabar yang menyebutkan bahwa di Indonesia ada 10 juta tenaga kerja dari Tiongkok merupakan hal yang salah.

"Urusan TKA juga dijadikan isu. Katanya ada 10 juta tenaga kerja dari Tiongkok masuk ke Indonesia. Adanya itu kira-kira 23.000 iya, saya blak-blakan 23.000 iya," kata Jokowi dalam sambutannya pada Pembukaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor Angkatan XII Tahun 2018 di Bogor, Jawa Barat, Rabu (8/8/2018).

Jokowi memastikan keberadaan TKA itu tidak akan lama di Indonesia. Mereka hanya sementara untuk membantu pekerjaan-pekerjaan kasar proyek.

"TKA mereka kerja di sini, tapi juga tidak kerja terus menerus. Mereka kerjanya pasang turbin, smelter yang kita memang belum siap melakukan itu, sehingga mereka harus di sini empat atau enam bulan untuk masang," ujarnya.

Lebih jauh, dirinya membandingkan dengan jumlah TKI di Tiongkok yang jumlahnya mencapai puluhan ribu. "Orang kita kerja di Tiongkok ada 80.000. Orang kita yanhlg Kerja di Malaysia ada 1,2 juta. Malaysia diam saja. Itu yang legal 1,2 juta. Ilegal mungkin hampir 2 juta," tandasnya.[jat]

Komentar

x