Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 07:45 WIB

Tim Kemenpan Evaluasi Kinerja Polres Batu

Rabu, 8 Agustus 2018 | 02:23 WIB

Berita Terkait

Tim Kemenpan Evaluasi Kinerja Polres Batu
Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto menerima Tim Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada Selasa (7/8/2018).

Menurut dia, kedatangan tim ini untuk mengevaluasi pelayanan publik di wilayah hukum Polres Batu.

"Kami ingin menjadikan Polres Batu sebagai role model pelayanan publik dan pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh tim Kemenpan-RB yakni Bapak Aris Samson dan Bapak Sesarius Kopong Pati di Polres Batu," kata pria yang akrab disapa Budher.

Budher menyampaikan informasi kepada mereka bahwa Polres Batu telah melakukan pembangunan sarana dan prasarana dalam pelayanan publik yang berbeda dengan tahun lalu, sehingga sekarang lebih memudahkan masyarakat.

Selain itu, kata dia, Polres Batu juga melakukan perubahan mengenai kultur set maupun mind set dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan predikat WBK dan WBBM (Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani).

"Polres Batu juga telah melakukan sosialisasi pencanangan ZI baik internal maupun eksternal, maka ini menjadi bukti bahwa Polres Batu benar-benar ingin meraih WBK/WBBM," ujarnya.

Kemudian, Budher mengatakan Polres Batu telah melakukan launching aplikasi Apel Batu, punya program 1.000 mata (Pusdal Kamtibmas) untuk memberikan rasa aman sehingga bisa dimonitor melalui kamera CCTV yang ada di wilayah hukum Kota Batu.

"Kami juga telah memberikan fasilitas bagi penyandang disabilitas, ruang ibu menyusui, tempat bermain anak, foto copy gratis, nomor antrean elektronik di Satpas SIM," jelasnya.

Di samping itu, Budher menyampaikan juga banyak perubahan dalam kinerja jajaran Polres Batu khususnya terkait fungsi dan Polsek jajaran. Misal, piket Reskrim dan ruang pemeriksaan wanita serta anak-anak sudah ada sendiri.

Kemudian, Satuan Tahanan dan Titipan (Tahti) juga sudah banyak perubahan seperti tempat sel anak dan wanita tersendiri, sarana dan prasarana yang ada juga dilakukan perubahan di Mapolsek wilayah hukum Polres Batu demi memudahkan masyarakat.

"Ada beberapa program yang terus kami kembangkan agar memudahkan masyarakat seperti DDS, polisi (Bhabinkamtibmas) datang ke rumah warga, program kaki palsu, pengobatan gratis bagi warga yang kurang mampu, pos reaktif, cangkrukan kamtibmas dan bedah rumah," katanya.

Sementara Tim Kementerian PANRB, Aris Samson mengapresiasi Polres Batu yang telah melakukan perubahan sesuai arahan tahun lalu sehingga dalam memberikan pelayanan masyarakat menjadi maksimal dan profesional.

"Niat berubah menjadi lebih baik bukanlah hal yang sulit, karena Polres Batu sudah dapat melakukannya," kata Aris.

Menurut dia, Polres Batu bisa menjadi contoh dalam memberikan ide-idenya untuk pelayanan kepada masyarakat. Maka, diharapkan Polres lain bisa meningkatkan lagi kinerjanya dengan baik dalam melayani masyarakat.

"Untuk membangun kinerja Polres memang membutuhkan dana yang tidak sedikit, namun jangan sampai hal itu menjadi beban. Mari saling bahu-membahu dalam meningkatkan pelayanan publik agar nantinya masyarakat menjadi puas," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x