Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 10:50 WIB

Kapolri: Yang Tak Mendukung Asian Games Berkhianat

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 7 Agustus 2018 | 16:47 WIB
Kapolri: Yang Tak Mendukung Asian Games Berkhianat
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh masyarakat Indonesia mendukung lancarnya Asian Games 2018 dengan menjaga ketertiban dan keamanan.

"Ini menyangkut nama baik bangsa dan negara, sehingga setiap orang yang merasa bangsa dan negara harus berkontribusi. Paling tidak, tidak mengganggu, mengamankanlah. Kalau tidak mendukung artinya berkhianat terhadap bangsa," ujar Tito di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Tito lalu kembali mengatakan bahwa Polri memiliki empat fokus utama dalam mengamankan pelaksanaan Asian Games2018 di Jakarta dan Palembang. Empat fokus pengamanan tersebut yakni masalah terorisme, kemacetan, kejahatan jalanan (street crime) dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Mantan Kadensus 88 Anti-teror Polri itu mengklaim, pihaknya telah menangkap 283 terduga teroris pasca-bom bunuh diri di Surabaya. Dia menegaskan akan terus menangkap orang-orang terkait tindak pidana terorisme.

Tito menyebut, kemacetan tidak menjadi perosalan utama penyelenggaraan Asian Games di Palembang. Apalagi LRT di Palembang yang mampu mengangkut hingga 400 orang diklaim dapat menekan peningkatan volume kendaraan.

Sementara di Jakarta, Polri bersama stakeholder terkait telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk meminimalisir kemacetan. Selain kebijakan perluasan ganjil genap, Pemprov DKI juga meliburkan beberapa sekolah.

"Tapi prinsip kita maksimal lah untuk melakukan pengawalan," kata Tito.

Tito juga mengklaim anak buahnya telah menangkap lebih dari 2 ribu penjahat jalanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Penangkapan dilakukan melalui operasi cipta kondisi dalam rangka menyambut Asian Games.

Soal karhutla, Jenderal Bintang Empat ini juga mengklaim telah ditangani dengan baik. Polri bersama TNI dan stakeholder terkait telah melakukan langkah preventif dengan baik.

"Ini mudah-mudahan dengan upaya kita ini keamanan bisa kita atasi, Insya Allah. Saya minta dukungan semua pihak karena sudah menyangkut bangsa dan negara, bukan menyangkut pemerintah, polisi apalagi," pungkas Tito. [rok]

Tags

Komentar

x