Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 September 2018 | 23:34 WIB

Rutan Khusus Teroris di Cikeas Dibangun Bulan Ini

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Selasa, 7 Agustus 2018 | 16:02 WIB

Berita Terkait

Rutan Khusus Teroris di Cikeas Dibangun Bulan Ini
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan proyek pembangunan Rumah Tanahan khusus Napi terorisme di Cikeas sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Proses pembangunan direncanakan dimulai bulan Agustus ini.

"Insyaallah bulan ini sudah dimulai pembangunan karena menggunakan sistem kontainer, cepat dari Spanyol. Di Spanyol sudah dipakai sistem ini sehingga mudah-mudahan sampai dengan akhir tahun sudah selesai," kata Tito di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Tito mengatakan Lapas Maximum Security itu akan difokuskan untuk penempatan napi terorisme. Untuk sementara, terduga teroris yang baru ditangkap ditempatkan di setiap Polres atau Polda setempat.

"Kita tahu ada di polda-polda, polres-polres, polsek-polsek dan kita sudah berikan arahan agar mereka ditempatkan di ruang tersendiri dan pengamanan lebih ketat sambil menunggu rutan di Cikeas dibangun untuk kapasitas 340 (orang)," jelas Tito.

Sebelumnya, Tito menutup Rutan Mako Brimob untuk narapidana terorisme. Menurutnya, kapasitas di Rutan tersebut sudah tak mencukupi buntut dari kasus penyerangan di Mako Brimob bulan Mei lalu.

"Mako Brimob tidak kita pakai lagi karena sudah tidak layak untuk maximum security bagi tersangka atau terdakwa teroris," kata Tito di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/5). [hpy]

Komentar

x