Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 22 Oktober 2018 | 16:08 WIB

Pelaku Karhutla Saat Asian Games Diharap Dipidana

Selasa, 7 Agustus 2018 | 00:11 WIB

Berita Terkait

Pelaku Karhutla Saat Asian Games Diharap Dipidana
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem, Ahmad Sahroni - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota DPR Fraksi Partai NasDem, Ahmad Sahroni meminta kepada Polri untuk menindak tegas pelaku pembakaran hutan yang dapat mengakibatkan terganggunya pelaksanaan Asian Games di Palembang, Sumatra Selatan pada Agustus 2018.

"Pemberian sanksi pidana secara tegas terhadap pelaku pembakaran ladang dan hutan harus dilakukan oleh Polri, terlebih dengan adanya pelaksanaan Asian games. Event ini sekaligus pertaruhan Indonesia di mata internasional," kata Anggota Komisi III ini, Senin (6/8/2018).

Ia menjelaskan selama ini kabut asap menjadi momok tersendiri bagi Indonesa, khususnya di sejumlah pulau seperti Kalimantan dan Sumatera, termasuk Sumatera Selatan. Menurut dia, memang pemerintah sudah pernah memberikan sanksi kepada perusahaan yang sengaja melakukan pembakaran hutan.

"Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan jajarannya punya peran juga untuk mensosialisasikan bahaya kebakaran ladang dan hutan serta memberikan sanksi bagi perusahaan yang kedapatan sengaja melakukan pembakaran," ujarnya.

Di samping itu, Sahroni juga mengajak masyarakat supaya ikut mendukung penuh pelaksanaan Asian Games salah satunya melaporkan bila melihat adanya aktifitas pembakaran hutan atau menemukan titik api ke Satgas Karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

"Ayo kita dukung pelaksanaan Asian Games di Indonesia. Buktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dengan mewujudkan Indonesia bebas asap," jelasnya.

Anggota DPR asal Jakarta Utara ini mengaku yakin kalau Polri dibantu TNI mampu melakukan pengamanan Asian Games 2018, karena Indonesia kedapatan menjadi tuan rumah yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Selain itu, Sahroni juga sangat mendukung adanya pos gabungan Polri, TNI serta instansi lain seperti pemadam kebakaran, Basarnas dan BNPB hingga penggunaan ratusan CCTV untuk mengawasi keamanan di daerah pelaksanaan Asian Games.

"Keamanan menjadi faktor krusial berhasilnya perhelatan Asian Games. Saya apresiasi Polri, TNI dan berbagai instansi lain yang mendukung pengamanan Asian Games. Jangan sampai altet Indonesia dan mancanegara terganggu karena adanya kejahatan," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x