Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 20:02 WIB

700 Wisatawan Belum Dievakuasi dari Gili

Senin, 6 Agustus 2018 | 19:11 WIB

Berita Terkait

700 Wisatawan Belum Dievakuasi dari Gili
(Foto: twitter/BNPB_Indonesia)

INILAHCOM, Lombok - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) terus melakukan upaya evakuasi ratusan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang sedang berada di Pulau Gili Trawangan, pasca insiden gempa dengan kekuatan 7 skala richter (SR),yang melanda Lombok Utara, NTB pada Minggu (5/8/2018) malam.

Pihak BNPB telah berhasil mengevakuasi sebanyak 200 turis ke Kota Lombok. Namun masih ada sekitar 700 turis domestik dan mancanegara yang belum dapat dievakuasi karena beberapa faktor salah satunya keterbatasan kapal pengangkut yang minim.

Ke 700 wisatawan tersebut masih berada di tiga Gili, yakni Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, para turis yang berhasil dievakuasi meninggalkan Lombok dengan menggunakan perahu karet dari tiga Gili. Kemudian, mereka dialihkan untuk dibawa ke daratan menggunakan kapal Basarnas.

"Sekarang masih dalam proses," kata Sutopo saat dihubungi melalui sambungan handphone Senin (6/8/2018).

Saat ini, lanjut Sutopo, pihak yang bekerja sama dengan tim Basarnas sudah meminta bantuan kapal dari Bali. Bahkan pihaknya juga menerjunkan dua buah helikopter yang dikerahkan untuk evakuasi.

"BNPB juga mengerahkan dua helicopter. Mudah-mudahan dengan tambahan armada tersebut proses evakuasi berjalan dengan cepat dan aman," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x