Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 04:28 WIB

Pemerintah Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Lombok

Oleh : - | Senin, 6 Agustus 2018 | 17:16 WIB
Pemerintah Tetapkan Tanggap Darurat Bencana Lombok
Wakil Presiden Jusuf Kalla - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah menetapkan masa tanggap darurat bencana gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali hingga tiga pekan kedepan.

"Pemerintah berjanji segera merehabilitasi semua itu, tapi terlebih dulu ada tanggap darurat selama dua hingga tiga minggu, dan kita semua, BNPB sudah terjun, TNI juga," katanya Wakil Presiden Jusuf Kalla usai menghadiri Rapat Pleno Dewan Pertimbangan MUI di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Gempa bumi berkekuatan 7.0 Skala Richter mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu petang (5/8) pukul 18.46 WIB dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sempat mengeluarkan peringatan dini tsunami sesudahnya.

Menurut data BNPB pada Senin, jumlah korban jiwa akibat yang mengguncang wilayah Lombok dan sekitarnya pada Minggu (5/8) tercatat 91 orang. Gempa juga menyebabkan 209 orang terluka, ribuan rumah rusak dan puluhan ribu orang mengungsi. BNPB memperkirakan jumlah korban masih bisa bertambah karena proses evakuasi masih berlangsung.

"Kita semua mengucapkan bela sungkawa, simpati kepada korban bencana alam gempa di NTB, khususnya di Lombok Utara. Semoga arwah para korban meninggal diterima Allah SWT," tandas JK. [tar]

Komentar

x