Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 01:21 WIB

Polri Fokus Bantu Evakuasi Korban Gempa Lombok

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 6 Agustus 2018 | 13:14 WIB

Berita Terkait

Polri Fokus Bantu Evakuasi Korban Gempa Lombok
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal

INILAHCOM, Jakarta - Polri telah menerjunkan 460 personel Brimob ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk membantu mengevakuasi korban gempa berkekuatan 7 SR. Polri fokus untuk operasi kemanusiaan.

"Jajaran kepolisian di NTB Polda maupun polres-polre sudah melakukan aksi kemanusiaan pertolongan terhadap beberapa korban terus semua bergerak melakukan evakuasi pengamanan, bahkan kita terus melakukan evakuasi sampai hari ini sampai beberapa tindakan kemanusiaan disitu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Senin (6/8/2018).

Iqbal mengatakan proses evakuasi juga akan difokuskan pada para wisatawan turis asing yang berada di Lombok, khususnya di tempat-tempat wisata. Apalagi, kerusakan terparah terjadi Lombok Utara dan di lokasi wisata Gili Trawangan.

"Wisawatan dan semua turis-turis asing itu jadi prioritas juga. Kita juga tidak mendiskriminasi beberapa masyarakat tetapi kita harus melakukan upaya-upaya maksimal. Prinsipnya untuk membantu semua masyarakat di Lombok, Lombok Utara khususnya, Lombok timur juga dan wisatawan di Gili Trawangan," jelasnya.

Iqbal mengatakan Polda NTB sudah bergerak sejak semalem untuk membantu Pemda setempat menanggulangi gempa tersebut. Iqbal memastikan Porli akan all out bantu proses evakuasi korban gempa.

"Polda NTB sudah turun memprioritaskan adanya kejadian gempa ini prioritas utama untuk melakukan operasi kemanusiaan membantu melakukan evakuasi, juga tim kesehatan all out yang berkerja sama dengan pemerintah daerah, kabupaten, provinsi dan teman-teman TNI," terang Iqbal.

Gempa berkekuatan 7 SR mengguncang NTB pada Minggu (5/8) sore. Informasi terkahir dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ada 91 orang meninggal akibat gempa tersebut.

91 orang meninggal yakni terdiri dari 72 orang berasal dari Lombok Utara. Sementara korban jiwa di Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang. [rok]

Komentar

Embed Widget
x