Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:43 WIB

PKB Belum Berpikir Bikin Poros Ketiga di 2019

Oleh : - | Jumat, 3 Agustus 2018 | 17:04 WIB
PKB Belum Berpikir Bikin Poros Ketiga di 2019
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Jenderal PKB, Abdul Kadir Karding mengatakan partainya belum memikirkan akan bentuk poros ketiga apabila Ketua Umum Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tidak dipilih sebagai calon wakil presiden mendampingi petahana Joko Widodo (Jokowi) di 2019.

"Belum ada pikiran aneh-aneh, belum ada pikiran membentuk poros baru, pindah ke poros lain. PKB masih mencoba istiqomah," kata Karding, Jumat (3/8/2018).

Anggota DPR RI ini mengatakan kabarnya akan ada pertemuan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) sebagai ancang-ancang apabila Jokowi tidak memberikan jatah kursi calon wakil presiden pada Pemilu 2019.

Menurutnya, para kiai akan datang ke Kantor PBNU untuk memberikan mandat supaya Cak Imin sebagai pendamping Jokowi pada Pemilu 2019.

"Ada mandat dari para kiai yang besok saya dengar ada kiai-kiai mau datang ke PBNU kasih mandat soal Cak Imin," ujarnya.

Kemudian, Karding mengatakan partainya tidak mau berandai-andai soal langkah apa yang diambil jika Jokowi tak meminang Cak Imin. Sebab, sampai saat ini PKB masih tetap mengusung Jokowi-Cak Imin (JOIN).

"Kenapa Cak Imin? Mesin partai ada, orangnya muda, Insya Allah NU juga kerja kalau (Jokowi pilih) Cak Imin," jelas dia.

Untuk diketahui, Direktur Pencapresan PKS Suhud Alynudin mengatakan partainya membuka opsi abstain dalam penjajakan koalisi. Pasalnya, hal ini untuk mengultimatum Partai Gerindra apabila tidak mengambil calon wakil presiden dari PKS yang mendampingi Prabowo Subianto pada 2019.

"(Abstain) itu salah satu opsi kalau memang situasinya tidak memungkinan. Tapi itu tergantung pembahasan pimpinan DPP dan Majelis Syuro,'' kata Suhud.[beritajatim.com]

Komentar

x