Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 19:35 WIB

MK Layangkan Surat Keberatan ke OSO

Oleh : Fadhly Zikry | Selasa, 31 Juli 2018 | 17:11 WIB
MK Layangkan Surat Keberatan ke OSO
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) melayangkan surat protes kepada Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO). MK menilai OSO telah merendahkan jabatan hakim.

"Surat yang kami kirimkan itu berdasarkan hasil permusyawatan majelis hakim MK pada Senin (30/7/2018). Langkah berkirim surat ini kami ambil setelah mendengar rekaman (acara televisi) secara utuh. Kami menyatakan sikap bahwa tindakan, ucapan dan perbuatan beliau (OSO) dapat dikategorikan sebagai perbuatan yang merendahkan MK," kata Guntur di Gedung MK, Jakarta Pusat, Selasa (31/7/2018).

MK pun menunggu respon dari OSO. Selanjutnya MK akan wait and see sikap dari OSO.

"Kami tunggu respons beliau atas surat keberatan yang sudah kami kirim. Kami melihat respons beliau dulu seperti apa, baru kami nanti akan menentukan sikap selanjutnya," ujar Guntur.

Untuk diketahui, di dalam sebuah acara siaran langsung di televisi nasional, OSO mengeluarkan kata-kata yang dinilai tidak pantas. OSO menyebut MK goblok karena mengabulkan gugatan permohonan uji materi atas pasal 128 huruf I UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.

Gugatan tersebut pada intinya melarang pengurus partai politik untuk menjadi anggota DPD RI. OSO sendiri saat ini merupakan Ketua DPD RI yang juga merupakan Ketua Umum Partai Hanura. Selain itu OSO juga menjabat Wakil Ketua MPR. [ton]

Komentar

x