Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 15:10 WIB

PKS DKI Penuhi Syarat BCAD Mantan Tahanan Politik

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 31 Juli 2018 | 12:33 WIB
PKS DKI Penuhi Syarat BCAD Mantan Tahanan Politik
Ketua Umum DPW PKS DKI, Sakhir Purnomo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi DKI Jakarta melakukan pemenuhan persyaratan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap salah satu Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) DPR RI daerah pemilihan Jakarta III yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Hasan Kiat yang pernah menjalani tahanan politik di tahun 1985.

Pria yang dikenal dengan sebutan Ustad Haski, dibebaskan pada tahun 1991 setelah menjalani kurungan penjara selama tujuh tahun.
Menurut Ketua Umum DPW PKS DKI, Sakhir Purnomo, salah satu syarat yang harus dipenuhi ialah menyebarluaskan informasi bahwa yang bersangkutan merupakan mantan tahanan politik.

"KPU mensyaratkan demikian, karena PN Jakarta Utara tidak dapat menerbitkan surat keterangan atas kasus yang dialami Hasan Kiat," jelas Syakir di Kantor DPW PKS DKI Jakarta, Selasa (31/7/2018).

Sakhir berharap setelah keluarnya informasi ini di media massa, semua persyaratan BCAD di Jakarta khususnya untuk pencalonan DPR RI selesai 100 persen.

Sementara itu saat dikonfirmasi, Hasan Kiat tidak menampik bahwa dirinya bekas tahanan politik yang ditangkap di tahun 1985 karena khutbah Idul Fitri pada tahun 1985.

"PN Jakarta Utara tidak dapat menerbitkan surat keterangan kasus saya. Jadi saya tidak bisa mengurus surat keterangan telah selesai hukuman dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang. Padahal surat tersebut menjadi salah satu syarat saya mendaftar sebagai calon legislatif," ungkapnya.

Karenanya iapun berharap dengan adanya publikasi di media massa bisa memenuhi syarat yang diminta KPU.[jat]

Komentar

x