Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:48 WIB

Simulasi Pengamanan Asian Games

Dua Teroris Tewas di Mapolda Metro Jaya

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 31 Juli 2018 | 10:55 WIB
Dua Teroris Tewas di Mapolda Metro Jaya
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - TNI-Polri menggelar apel pengamanan Asian Games 2018 dengan melakukan simulasi pengamanan demonstrasi dan pengamanan serangan terorisme.

Simulasi pengamanan serangan terorisme dilakukan saat kontingen hendak menghadiri upacara pembukaan.

Pantauan di lokasi, saat seremoni pembukaan Asian Games kala kontingen berisi kepala-kepala negara sedang menuju ke lokasi pembukaan, tiba-tiba terjadi sebuah ledakan.

TNI-Polri bertindak cepat dimana dua mobil taktikal TNI dan Polri langsung bergerak ke lokasi. Tim penjinak bom pun diturunkan. Di lokasi masih ada 1 orang teroris memegang tas ransel yang diduga berisi bom. Selain itu ada dua teroris bersenjata.

Tim langsung mengambil tindakan dengan menembak teroris yang memegang tas karena dianggap mengancam. Setelah itu, kedua teroris bersenjata langsung digeruduk oleh tim gabungan. Dan dibawa menggunakan kendaraan taktikal. Sementara seorang teroris yang tertembak dibiarkan tergeletak.

Tim Jihandak langsung bergerak mengamankan tas yang dipegang teroris yang sudah tergeletak. Seorang anggota tim Jihandak berpakain lengkap antibom langsung menjalankan teknik disposal. Tas yang berisi bom dipasangi timer dan diledakkan.

Setelah peledakan, tim lanjutkan dengan penyisiran di sekitar lokasi untuk mencari adanya bom lain, tapi tidak ditemukan. Setelah itu tim Inafis dan DVI langsung memasukkan dua jenazah teroris ke dalam kantong jenazah dan dibawa ke rumah sakit.

Diberitakan sebelumnya, Aparat keamanan dalam hal ini TNI-Polri bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar upacara gelar pasukan Pengamanan Asian Games 2018 di Lapangan Ditlantas Polda Metro Jaya, Selasa (31/7/2018). Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto bertindak selaku Inspektur upacara.

Dalam sambutannya Joni memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh stakeholder terkait, semua instansi yang ikut ambil bagian.

Ia menjelaskan, apel gelar pasukan ini merupakan gambaran real persiapan personil yang akan ditugaskan dalam melaksanakan pengamanan untuk suksesnya pelaksanaan Asian Games 2018. [ton]

Komentar

x