Find and Follow Us

Senin, 22 April 2019 | 20:41 WIB

Dituding Diskriminasi, KPU Minta PBB Buktikan

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 31 Juli 2018 | 02:11 WIB
Dituding Diskriminasi, KPU Minta PBB Buktikan
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Partai Bulan Bintang (PBB) akan melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas dugaan diskriminasi pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg).

Menanggapi hal tersebut, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra meminta agar PBB membuktikan pernyataannya tersebut.

"Kalau PBB mau laporkan kami (KPU) soal dugaan diskriminasi ke Bareskrim ya harus dibuktikan dulu," kata Ilham, Senin (30/7/2018) malam.

Ilham mengaku dalam proses pendaftaran bacaleg disaksikan Bawaslu. "Ada Bawaslu saat pendaftaran bacaleg, dan parpol lain yang ikut mendaftar juga bisa menyelesaikan pendaftaran secara baik," ujarnya.

Dia mengungkapkan alasan dokumen pendaftaran bacaleg PBB di 24 dapil tidak dapat dilanjutkan ke dalam tahap verifikasi karena adanya keterlambatan saat menyerahkan berkas. Sehingga tidak masuk daftar bacaleg dalam sistem informasi calon (silon).

Diketahui, sebelumnya, Ketum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra akan melaporkan KPU ke Bareskrim terkait mediasi tersebut.

"Laporan di bareskrim karena menganggap ada perlakuan tidak adil yang diperlakukan oleh KPU," kata Yusril usai sidang mediasi di kantor Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (30/7/2018).

Yusril menyebutkan, ada ketua partai lain dan ada sekjen partai lain yang bersedia bersaksi bahwa mereka juga melakukan kekurangan terlambat bahkan jauh lebih parah daripada apa yang dialami PBB. Namun kenyataannya partai lain bisa lolos. [ton]

Komentar

x