Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 01:29 WIB

Bupati Lamsel Perintahkan Anggota DPRD Urus Proyek

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 27 Juli 2018 | 22:47 WIB

Berita Terkait

Bupati Lamsel Perintahkan Anggota DPRD Urus Proyek
(Foto: Inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Satu orang tersangka dari hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK, tercatat sebagai Anggota DPRD Provinsi Lampung. Dia adalah Agus Bhakti Nugroho,

Agus ditangkap atas perannya sebagai orang yang 'diutus' Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan untuk mengurus proyek di wilayah Lamsel.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana bisa seorang anggota DPRD tingkat provinsi, diperintah oleh kepala daerah setingkat bupati.

"Kaitan bupati dengan DPRD (provinsi) benar mereka satu partai dari PAN," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan saat konfrensi pers di markas KPK, Jumat (27/7/2018) malam.

Ditingkat PAN Lampung, Zainudin sendiri menjadi Ketua DPW. Namun, Basaria belum mendalami kemungkinan ada tidaknya uang mengalir ke partai.

"Apa ada mengalir ke partai sejauh ini belum kita temukan kesana, yang ada hubungan ABN dan Bupati Lamsel mereka sama-sama satu partai," ucapnya.

KPK menetapkan anggota DPRD Provinsi Lampung Agus Bhakti Nugroho sebagai tersangka. Agus diduga menjadi tangan kanan Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, dalam menerima suap dari kontraktor.

Zainudin diduga mengarahkan agar semua pelaksana proyek di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ditentukan melalui Agus Bhakti.

Dalam kasus ini, Zainudin, Agus Bhakti dan Kepala Dinas PUPR Lampung Selatan Anjar Asmara diduga menerima suap Rp 600 juta dari pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan. Uang itu terkait penunjukkan Gilang sebagai pelaksana proyek.

Menurut Basaria, Agus Bhakti mengatur proses lelang, sehingga Gilang mendapatkan 15 proyek pada tahun 2018, di Dinas PUPR. Sebanyak 15 proyek itu senilai total Rp 20 miliar.

KPK menduga Gilang meminjam banyak nama perusahaan untuk setiap proyek yang dimenangkan. Meski berbeda nama perusahaan, semuanya dikendalikan oleh Gilang.[jat]

Komentar

Embed Widget
x