Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 06:14 WIB

Penyelundup Sabu ke Rutan Cerme Divonis 5 Tahun

Oleh : - | Jumat, 27 Juli 2018 | 21:40 WIB
Penyelundup Sabu ke Rutan Cerme Divonis 5 Tahun
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Gresik - Terdakwa Malinda Wahyu Ningtyas (27), hanya bisa menangis saat vonis palu hakim menghukumnya dengan 5 tahun penjara. Malinda terbukti menyelundupkan narkoba ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Banjarsari, Cerme, Gresik.

Terdakwa dianggap bersalah melanggar pasal 114 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika. Selain itu, divonis penjara. Perempuan asal Desa Menganti, Gresik itu juga diminta membayar denda Rp 1 miliar. Jika denda tidak dibayar, maka diganti dengan kurungan tiga bulan.

Dalam sidang yang dibacakan oleh majelis hakim yang diketuai Putu Gede Hariadi, SH tersebut lebih ringan dibanding tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) selama 7 tahun penjara.

Hakim menjatuhkan hukuman itu berdasarkan beberapa pertimbangan. Perbuatan terdakwa telah melanggar hukum. Tidak mendukung program pemerintah memberantas narkoba. Namun, selama persidangan terdakwa kooperatif. "Terdakwa mengakui perbuatannya ditambah sebagai ibu rumah tangga dan memiliki anak," ujarnya, Jumat (27/07/2018).

Usai persidangan, JPU Aries memilih pikir-pikir selama sepekan. Dia belum berani mengambil sikap lantaran vonis yang dijatuhkan hakim dianggap terlalu rendah. "Kami pikir-pikir dulu," ungkap JPU Aries Fajar Julianto.

Seperti diketahui, diringkus anggota Polsek Cerme karena berusaha menyelundupkan sabu 1 gram ke dalam Rutan Banjarsari, Cerme, Gresik. Pada bulan Maret 2018 lalu. Rencananya, sabu itu akan diberikan kepada suaminya Khoirul Huda yang ditangkap oleh anggota Badan Narkotika Nasioan (BNNK) Gresik. [ton]

Tags

Komentar

x