Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 01:22 WIB

Ini Alasan Polri Ingin Ganti Warna Plat Kendaraan

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 27 Juli 2018 | 12:21 WIB

Berita Terkait

Ini Alasan Polri Ingin Ganti Warna Plat Kendaraan
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri membuka rencana untuk mengganti warna plat nomor kendaraan yang tadinya dengan background hitam dengan tulisan putih, kini akan berubah dengan background putih dan tulisan hitam. Polri punya alasan untuk mengganti warna plat nomor kendaraan tersebut.

"Traffic management center kita yang berbasis IT. Nanti plat nomornya seperti aplikasi face recognation ya. Sekarang itu plat nomornya nanti kalau kena CCTV dll itu akan langsung terdeteksi bahwa ini milik siapa. Intinya kita akan mengurangi kecelakaan di situ, kemacetan, terus juga unsur-unsur pidana," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jumat (27/7/2018).

Iqbal menjelaskan lewat alasan-alasan itulah Polri ingin mengubah warna plat kendaraan. Rencananya, perubahan warna plat nomor kendaraan ini akan berlaku untuk semua jenis kendaraan.

"Rencananya akan di semua kendaraan. Peningkatan pelayanan dan faktor keselamatan dan ketertiban lalu lintas," ujarnya.

Iqbal menambahkan proses perubahan warna plat kendaraan ini masih dalam proses pengkajian yang lebih matang. Penerapan pergantian ini pun akan bertahap agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Ya nanti kita atur. Itu teknis (di Korlantas) ya. Kita akan proses pengkajian dulu, nanti juga bertahap jika diterapkan agar masyarakat tidak bingung," terang dia. [rok]

Komentar

Embed Widget
x