Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 03:09 WIB

Soal Gugatan JK, SBY Ingatkan Amanah Reformasi

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 25 Juli 2018 | 02:02 WIB

Berita Terkait

Soal Gugatan JK, SBY Ingatkan Amanah Reformasi
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) diketahui menjadi pihak terkait dalam gugatan Partai Perindo atas syarat cawapres ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menanggapi hal tersebut Ketum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempersilahkan Perindo melakukan uji materi di MK atas masa jabatan presiden dan wakil presiden.

"Soal uji materi di MK silakan berproses, saya sebagai pelaku reformasi khusus pembahasan masa jabatan presiden dan wakil presiden merupakan amanah reformasi," kata SBY di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (24/7/2018).

SBY menjelaskan saat dirinya menjalankan roda pemerintahan bersama JK pada 2004-2009. "Waktu itu semangatnya dibatasi dua periode, baik presiden maupun wakil presiden," jelasnya.

Sebelumnya, kuasa hukum Partai Perindo Ricky K Margono mengatakan pihaknya mengajukan gugat soal masa jabatan presiden dan wakil presiden ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Ricky menyampaikan pasalnya yang digugat yakni soal penjelasan Pasal 169 huruf n UU Pemilu tersebut berbunyi bahwa yang dimaksud dengan belum pernah menjabat dua kali masa jabatan dalam jabatan yang sama adalah yang bersangkutan belum pernah menjabat dalam dua kali masa jabatan, baik secara berturut -turut meski jabatan kurang dari lima tahun. [ton]

Komentar

Embed Widget
x