Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 01:27 WIB

Pilkada Serentak 2018

Bawaslu Temukan Ratusan Pelanggaran ASN

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 24 Juli 2018 | 17:11 WIB

Berita Terkait

Bawaslu Temukan Ratusan Pelanggaran ASN
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan

INILAHCOM, Bogor - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengungkapkan pihaknya menerima ratusan laporan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pilkada 2018.

Laporan ini, kata dia, disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pertemuan yang berlangsung di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7/2018).

Abhan menjelaskan, pelanggaran itu antara lain seperti keberpihaka pada pasangan calon tertentu hingga adanya intervensi saat berlangsungnya pemungutan suara.

"Itu yang harus diantisipasi, seperti kasus di Maluku Utara, Pilkada sudah selesai dan damai, tapi masih ada riak-riak mungkin ada intervensi dari oknum-oknum polisi. ASN ada 721 kasus netralitas. Ini sudah kami rekomendasikan ke Komisi ASN," ujar Abhan.

Ia mengatakan pihaknya langsung meminta rekomendasi kepada pihak pembina kepegawaian daerah untuk memberikan sanksi dan teguran kepada mereka yang melanggar.

Lebih lanjut, ia mengharapkan, saat pelaksanaan pileg dan pilpres nanti tidak akn ada lagi pelanggaran netralitas yang dilakukan oleh para aparat.

"PPK sdh memberikan sanksi dan teguran. Kalau TNI tidak kami temukan, tapi kalau yang Polri kami ada catat di tiga tempat itu antara lain Maluku, Makassar dan Maluku Utara," tandasnya.[jat]

Komentar

Embed Widget
x