Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 20:07 WIB

KPU Akan Umumkan Nama Caleg Sementara ke Publik

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 24 Juli 2018 | 02:11 WIB

Berita Terkait

KPU Akan Umumkan Nama Caleg Sementara ke Publik
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan akan meminta masukan masyarakat mengenai calon anggota legislatif yang maju di Pileg 2019.

Wahyu mengungkapkan pihaknya akan mengumumkan nama caleg yang masuk Daftar Caleg Sementara (DCS) ke masyarakat.

"Saat sudah menjadi DCS, kami akan mengumumkan untuk mendapatkan tanggapan, sehingga akan ada informasi baru nama-nama yang tertera di DCS ada mantan napi korupsi," kata Wahyu, di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (23/7/2018) malam.

Wahyu mengungkapkan, masyarakat dapat mengirimkan surat kepada KPU di tingkat pusat ataupun di daerah disertai indetitas pelapor yang jelas. Ataupun dapat secara langsung mendatangi kantor lembaga penyelenggara Pemilu tersebut.

Menurut dia, pihaknya akan menindaklanjuti apabila terdapat informasi dari masyarakat. Sementara itu, belum tentu informasi dari masyarakat selalu benar, tetapi untuk mengetahui benar atau tidak akan ditindaklanjuti.

Sementara itu, di tempat terpisah Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, Kaka Suminta, mengatakan pihaknya mendukung upaya KPU tersebut.

"KIPP Meminta kepada KPU untuk tidak menerima mantan terpidana korupsi, sebagai Caleg,baik di pusat maupun daerah," kata kaka saat dikonfirmasi INILAHCOM, Senin (23/7/2018).

KIPP meminta kepada Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan PKPU 20 tahun 2018 sesuai dengan kewenangan Bawaslu.

"Kami meminta kepada Parpol Peserta pemilu 2019 untuk mematuhi PKOU 20 tahun 2018, dengan tidak mengajukan caleg mantan terpidana korupsi, baik si pusat maupun di daerah," jelasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x