Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 19:58 WIB

Jabatan Tak Terbatas Berpotensi Lahirnya Kekuasaan

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 23 Juli 2018 | 20:11 WIB

Berita Terkait

Jabatan Tak Terbatas Berpotensi Lahirnya Kekuasaan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada, Oce Madril menilai masa jabatan wakil presiden lebih dari dua periode dapat digugat ke MK merupakan hal keliru.

Menurutnya dengan penambahan masa jabatan wapres amat berpotensi menimbulkan lahirnya kekuasaan yang bersifat absolut di era modern dewasa ini.

"Pemaknaan jabatan wapres bisa tiga periode bahkan tidak terbatas maka membawa kita menuju pada suatu model yang sangat absolut, bahkan bisa membuatnya jadi jabatan seumur hidup. Tujuan pembatasan masa jabatan di konstitusi tidak tercapai," jelas Oce di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera, Jakarta Selatan, Senin (23/7/2018).

Ia menambahkan sifat akuntabilitas pemerintahan presidensial tidak mengenal jabatan pemimpin negara yang tanpa batas waktu kepemimpinan.

Buruknya, jika hal ini dibiarkan malah membuat sirkulasi pemerintahan menjadi kotor dan memicu praktik-praktik korupsi di lembaga pemerintahan.

"Kalau membuka ruang wapres bisa dipilih berkali-kali, bisa membuka korupsi di ruang kekuasaan. Ini memang hak warga negara mengajukan, tapi saya ingatkan kita sedang membuka ruang absolutisme di lembaga kepresidenan," ujarnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x