Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 02:49 WIB

Kasus Suap PLTU Riau 1

KPK Dalami Pertemuan Dirut PLN dengan Tersangka

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 20 Juli 2018 | 20:32 WIB
KPK Dalami Pertemuan Dirut PLN dengan Tersangka
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendalami dugaan pertemuan antara Dirut PLN Sofyan Basyir dengan para tersangka di kasus suap PLTU Riau-1.

Hal itu disampaikan langsung Juru Bicara KPK Febri Diansyah usai Sofyan menyelesaikan pemeriksaannya di KPK.

"Penyidik mendalami pertemuan-pertemuan yang diduga dilakukan oleh saksi dengan tersangka," kata Febri, Jumat (20/7/2018).

Salah satu indikasi kuat adanya pertemuan tersebut, ialah penyitaan CCTV yang dilakukan KPK saat menggeledah kediaman Sofyan beberapa waktu lalu.

"Selain itu, dalam kapasitas saksi sebagai Dirut PLN, penyidik juga mendalami peran dan arahan saksi dalam hal penunjukkan Blackgold," ungkap Febri.

KPK memang ingin mengetahui seluk beluk kerjasama dalam proyek PLTU Riau-1.

Sejumlah dokumen kontrak kerjasama serta dokumen keuangan, disita KPK dari sejumlah tempat dalam penggeledahan terkait kasus ini.

Dalam kasus ini, KPK baru menetapkan Eni Saragih dan Kotjo sebagai tersangka.Eni diduga menerima uang sejumlah Rp4,8 miliar secara bertahap dari Kotjo terkait kesepakatan kontrak kerja sama proyek PLTU Riau-I itu.

Proyek PLTU Riau-I merupakan proyek penunjukkan langsung yang diserahkan pada anak usaha PLN PT Pembangkitan Jawa-Bali sejak dua tahun lalu. Proyek ini masuk dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2017. [ton]

Komentar

x