Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 24 Juli 2018 | 00:23 WIB

Korupsi Uang PAM Pilkada, Kapolres Sanggau Dicopot

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 12 Juli 2018 | 22:33 WIB
Korupsi Uang PAM Pilkada, Kapolres Sanggau Dicopot
AKBP Rachmat Kurniawan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ancaman Kapolri jika jajarannya melanggar aturan benar-benar ditegakkan. Salah satunya, AKBP Rachmat Kurniawan dicopot dari jabatamnya sebagai Kapolres Sanggau, Polda Kalimantan Barat.

Pencopotan Rachmat tertuang dalam surat telegram Kapolri dengan nomor ST/1660/VII/KEP/2018 tertanggal 5 Juli 2018. Rachmat dimutasi tanpa jabatan sebagai perwira menengah Polda Kalbar untuk dilakukan pemeriksaan.

"Diduga langgar displin dan kode etik. Ada dugaan (Kapolres Sanggau) salah dalam melakukan manajemen dukungan anggaran sebagai seorang selaku kuasa pengguna anggaran di Polres Sanggau," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal kepada wartawan di Mabes Polri, Kamis (12/7/2018).

Sementara itu, Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin mengatakan AKBP Rachmat masih dalam proses pemeriksaan oleh Paminal Polri untuk menindaklanjuti dugaan pelanggaran penyelewengan dana PAM pengamanan Pilkada. Jika terbukti maka sanksi berat menanti Rachmat.

"Untuk pembuktian pelanggarannya, sekarang masih diproses oleh Paminal. Kita lihat nanti apakah sanksinya (dipecat). Tergantung sidang kode etik," kata Martini dihubungi terpisah.

Posisi Kapolres Sanggau yang kosong akan dijabat oleh AKBP Imam Riyadi. Imam sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kapuas Hulu Polda Kalbar. Posisi Kapolres Kapuas Hulu diisi oleh AKBP R. Siswo Handoyo.[jat]

Komentar

Embed Widget

x