Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 23:54 WIB

Bawaslu: Calonkan Politisi-Politisi Bersih

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 12 Juli 2018 | 19:11 WIB

Berita Terkait

Bawaslu: Calonkan Politisi-Politisi Bersih
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengingatkan Partai Gerindra agar mengedepankan calon legislatif (caleg) yang diusung rekam jejaknya.

"Yang kami telah sampaikan ke Partai Gerindra melalui Pak Sekjen, Ahmad Muzani terkait maksud dan tujuan kami jadi ada beberapa poin di pakta intergritas," kata Abhan di kantor DPP Gerindra, Jalan RM Harsono, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Abhan menyebutkan prinsipnya Bawaslu mendorong dan meminta komitmen parpol seperti Gerindra untuk nantinya mengusung mendaftrakan politisi-politisi yang bersih yang tidak bermasalah dengan masalah hukum baik terkait dengan tindak pidana korupsi teroris narkoba dan kejahatan seksual,"ujarnya.

Selain itu Bawaslu selalu sampaikan di dalam proses rekrutmen ini tidak ada money politik di dalamnya.

"Jadi apa yang disebut publik mahar politik kami sampaikan itu harus dihindari karena sanksinya juga tegas di dalam uu dan juga keterwakilan perempuan di dalam pendaftran 30 persen perempuan juga harus dipenuhi parpol kalau nanti itu tidak akan menjadikan berakibat bisa dicoret semuanya," jelasnya.

Saat ditanyakan awak media, apakah ada langka lain ketika napi eks korupsi mendatftar tapi ketentuannya ada di KPU terus diloloskan itu gimana?

"Jadi kemarin kesepakatan rapat pimpinan di DPR terkait PKPU ada kesepakatan napi koruptor seadainya tetap didaftarakan maka KLU untuk menerima nanti sambil menuggu uji materi di MA," ungkapnya.

Namun, jika sampai tahapan daftar caleg tetap (DCT) kemudian juga tidak ada putusan Mahkamah Agung (MA) menilai PKPU itu bertentangan atau tidak, maka partai diberi kesempatan untuk pengganti.

"Maka kami hari ini kami imbau moral pada seluruh parpol agar tidak menjadi sengketa ya calonkan politis-politisi yang bersih," ucapnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x