Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:54 WIB

Setengah Jamaah Haji Sampang Berisiko Tinggi

Rabu, 11 Juli 2018 | 18:37 WIB

Berita Terkait

Setengah Jamaah Haji Sampang Berisiko Tinggi
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Sumenep - Hampir 50 persen jemaah calon haji Kabupaten Sumenep masuk kategori resiko tinggi (risti) dari sisi kesehatan.

"Para jemaah calon haji ini masuk risti karena faktor usia. Sebagian besar jemaah kita sudah berusia lanjut," kata Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Sumenep, A. Rifa'i Hasyim, Rabu (11/07/2018).

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, sebagian besar jemaah calon haji menderita diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi). "Tetapi mereka masih diperbolehkan berangkat tahun ini dengan pendampingan dari tim medis, mulai berangkat hingga kembali lagi ke tanah air," terangnya.

Jemaah calon haji asal Kabupaten Sumenep tahun 2018 tergabung dalam kloter 10 dan 11. Untuk kloter 10 merupakan kloter campuran dari Sumenep, Surabaya, dan Jember. Dari Sumenep sebanyak 221 orang. Sedangkan kloter 11 seluruhnya merupakan jemaah asal Sumenep, sebanyak 445 orang.

Selain itu, juga ada tambahan jemaah cadangan sebanyak 16 orang, yang bergabung dengan kloter lain yang telah ditentukan Kemenag Jawa Timur. "Semua jemaah calon haji akan mendampatkan pendampingan kesehatan. Selain itu, mereka juga mendapatkan vaksin meningitis," ucap Rifai.

Untuk jemaah calon haji Kabupaten Sumenep, dijadwalkan akan berangkat dari GOR A. Yani Sumenep pada Kamis (19/07/2018) jam 11.00 WIB.[beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x