Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 07:20 WIB
 

'Dagangan' Isu SARA Masih Laku

PPP Minta Isu SARA jadi Perhatian Khusus

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 11 Juli 2018 | 17:36 WIB
PPP Minta Isu SARA jadi Perhatian Khusus
Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP)Arwani Thomafi mengatakan meski pihak yang diduga kerap memainkan politik identitas tidak menang secara keseluruhan di Pilkada 2018, namun isu yang digaungkan guna mengalahkan lawan cukup efektif.

"Mereka cukup efektif dalam meningkatkan elektoral dalam meningkatkan suara, ini harus menjadi perhatian kita bersama agar kedepan para kandidat," kata Arwani, dalam acara diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Arwani mengatakan kedepan para kandidat yang ikut bertarung dalam Pemilu 2019 meski menjadi garda terdepan guna menekan isu SARA.

"Partai politik dan kandidat harus ikut bertanggung jawab terhadap ujaran-ujaran kebencian," pungkasnya.

Sementara itu, pengamat politik Boni Hargens menuturkan Pilkada 2018 merupakan pemanasan namun tidak menutup kemungkinan politik identitas bakal kembali digaungkan saat Pilpres 2018. Lantaran isu tersebut dinilai efektif bagi kelompok yang kerap memainkan hal itu dalam mengalahkan rival politiknya.

"Nanti 2019 harus terbebas dari isu SARA, bahkan bukan 2019 saja tetapi seterusnya. Menurut saya isu SARA masih menjadi dagangan mereka," tuturnya.[jat]

Tags

Komentar

x