Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 17:19 WIB
 

KPU Laporkan Hasil Pilkada ke Jokowi

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Rabu, 11 Juli 2018 | 15:43 WIB
KPU Laporkan Hasil Pilkada ke Jokowi
Ketua KPU, Arief Budiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Seluruh Komisioner KPU RI melaporkan hasil Pilkada Serentak 2018 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/7/2018).

"Pertama melaporkan seluruh tahapan Pilkada Serentak, mulai dari proses, pelaksanaannya, data pemilihnya, hambatan, tantangan termasuk sekarang yang sedang berproses sengketa di Mahkamah Konstitusi," kata Ketua KPU, Arief Budiman.

Kemudian, Arief mengatakan pihaknya juga melaporkan mengenai persiapan pemilu legislatif yang akan dilaksanakan pada 2019 antara lain terkait pemutakhiran data pemilih, pembentukan penyelenggara pemilu.

"Sampai pada persiapan proses pendaftaran bakal calon anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten," ujarnya.

Selain itu, kata Arief, pihaknya juga mengadukan beberapa hal yang sedang dihadapi KPU saat ini yakni penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemilu yang digunakan sejak pemilu-pemilu sebelumnya.

"Sekarang tantangan KPU besar, beragam, rumit terhadap proses ini kami sampaikan kami tidak bisa menyelesaikan ini sendiri kami butuh bantuan dari lembaga-lembaga pemerintah yang punya keahlian di bidang ini," jelas dia.

Di samping itu, Arief mengatakan pihaknya juga melaporkan hambatan di lapangan yang ditemui mengenai kewajiban e-KTP bagi warga negara Indonesia yang memenuhi syarat jadi pemilih. Sementara, proses e-KTP belum selesai 100 persen.

"Kita masih punya waktu Desember 2018, perlu dukungan masyarakat. Presiden berpesan kerja sama pemilih dan pemerintah harus aktif sehingga Desember 2018 selesai 100 persen," tandasnya. [ton]

Komentar

x