Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 19:58 WIB

Polri Klaim Tingkat Kepercayaan Publik 82 Persen

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 11 Juli 2018 | 15:32 WIB

Berita Terkait

Polri Klaim Tingkat Kepercayaan Publik 82 Persen
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian pamer kepercayaan publik dihadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terus meningkat semenjak ia menjabat 2016 silam. Tito menyebut kepercayaan publik terhadap Polri kini mencapai 82,9 persen.

"Berbagai upaya perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri melalui program Promoter telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan. Sebagai tindak lanjut dari program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya, program Promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan publik," kata Tito di Istora Senayan, Rabu (11/7/2018).

Tito mengatakan lewat program Promoter, ia mencanangkan 3 fokus utama dalam di internal Polri. Ketiganya yakni perbaikan budaya, kinerja, dan manajemen media di internal Polri. Perbaikan budaya termasuk menekan budaya koruptif.

"Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif," ujar Tito.

"Sedangkan manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial dengan mengangkat prestasi-prestasi Polri dan menetralkan berita negatif, termasuk hoax," sambungnya

Tito menjelaskan dalam perjalanan program Promoter selama 2 tahun terakhir, kepercayaan publik terhadap Polri naik setiap tahunnya. Tercatat hingga Juni 2018 melalui survei Litbang Kompas menunjukkan kepercayaan publik mencapai 82,9 persen.

"Survei yang dilaksanakan Alvara Research Center pada Mei 2018, tingkat kepercayaan publik terhadap Polri menurut riset ini mencapai 78,8 persen. Dan yang terakhir survei Litbang Kompas pada Juni 2018 menunjukkan kepercayaan publik terhadap Polri mencapai 82,9 persen," jelas Tito.

Lebih lanjut, Tito mengatakan ada sebuah survei daei lembaga bertaraf internasional di Amerika Serikat, The Gallup Organization. Survei tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara teraman ke-9 dari 142 negara di dunia.

"Hasil survei tidak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga dari dunia internasional. The Gallup Organization, sebuah lembaga survei papan atas yang berbasis di Amerika Serikat, melalui 2018 Global Law and Order Survey mengungkap bahwa Indonesia berada pada peringkat ke-9 negara teraman," tandasnya. [ton]

Komentar

x