Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 04:14 WIB

Kiai Banyuwangi: Mahfud MD Bukan Representasi NU

Oleh : Abdullah Mubarok | Rabu, 11 Juli 2018 | 14:20 WIB

Berita Terkait

Kiai Banyuwangi: Mahfud MD Bukan Representasi NU
Mahfud MD - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta Pengasuh Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur Kiai Hisyam Syafaat menyebut Mahfud MD kader asli Nahdlatul Ulama (NU). Karena itu, sosok Mahfud tidak akan pernah merepresentasikan organisasi massa Islam tersebut.

"Posisi Pak Mahfud MD tidak bisa direpresentasikan dari NU. Karena sepengetahuan saya, dia tidak pernah masuk struktur NU," ujar Kiai Hisyam menanggapi wacana penarikan Mahfud dalam daftar nominasi calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo sebagai wakil dari NU, pada Rabu (11/7) di Banyuwangi.

Kiai Hisyam menegaskan, selama ini Mahfud tak memiliki kontribusi apa-apa untuk NU. Kiprah Mahfud pun secara individu baru dikenal, ketika ditarik oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagai Menteri Pertahanan.

Istilahnya, lanjut Kiai Hisyam, selama ini Mahfud belum pernah ikut tandur (menanam) di NU, meskipun dulunya pernah diangkat oleh seorang presiden dari kalangan NU.

"Tidak pernah tandur, kok tiba-tiba mau merepresentasikan NU. Jangan catut nama NU, atau pura-pura ngaku NU," tegasnya.

Selain penolakan dari internal NU, Kiai Hisyam memandang penarikan Mahfud dalam bursa cawapres harusnya didahului dengan proses konsolidasi antar partai politik. Terutama karena Mahfud merupakan tokoh yang berada di luar parpol.

"Kelemahan Pak Mahfud ini juga dia tidak ikut partai, jadi harus meyakinkan parta-partai politik itu. Dan sampai hari ini belum pernah kayaknya bertemu sama partai-partai, kalau tidak kulonuwun ke partai, nanti presidennya yang repot," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x