Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 05:18 WIB

Khawatir Lepas, Buaya 2,5 Meter Diserahkan BKSDA

Selasa, 10 Juli 2018 | 21:31 WIB

Berita Terkait

Khawatir Lepas, Buaya 2,5 Meter Diserahkan BKSDA
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Gresik - Seekor buaya muara berjenis kelamin betina dengan panjang 2,5 meter diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Surabaya.

Buaya milik Andiyas (55) warga Kelurahan Lumpur, Gresik sengaja diserahkan karena dikuatirkan lepas dan mengganggu warga sekitar.

"Buaya yang kami pelihara sejak kecil ini sudah jinak kemudian saya pelihara di pekarangan belakang rumah selama lima tahun," ujar Andiyas yang juga petani tambak.

Sebelum diserahkan ke BKSDA Surabaya, buaya tersebut sempat lepas ke pemukiman warga. Proses evakuasi itu cukup sulit karena banyak warga yang menonton. Sehingga, petugas BKSDA Surabaya kesulitan melakukan manuver saat mengevakuasi.

Andiyas mengaku, buaya peliharannya dipelihara sejak kecil. Hanya saja tempatnya yang tidak muat membuat buaya tersebut semakin besar dan butuh tempat yang agak longgar. "Buaya ini saya beri nama Pon Pon, sehari-hari saya beri makan ayam hidup," paparnya.

Kepala Seksi BKSDA Wilayah III Surabaya Dodit Ari Bintoro menuturkan, evakuasi buaya dilakukan karena ada laporan masyarakat. Apalagi buaya termasuk satwa yang dilindungi undang-undang sehingga pihaknya segera melakukan proses evakuasi.

"Setelah kami evakuasi, buaya muara ini selanjutnya kami bawa ke penangkaran buaya di Kota Batu dengan menggunakan mobil khusus," pungkasnya.[beritajatim]

Komentar

x