Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 07:23 WIB
 

Politikus Muda Diharap Ikut Bertarung di Pilpres

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 10 Juli 2018 | 21:11 WIB
Politikus Muda Diharap Ikut Bertarung di Pilpres
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik Universitas Al-Azhar Indonesia Zaenal Budiyono mengharapkan adanya figur politikus muda yang ikut bertarung di kontestasi Pilpres 2019.

Ia mengatakan figur muda dibutuhkan untuk pilpres karena saat ini tren global tengah melakukan peremajaan politik. Sebagai negara demokrasi, menurutnya Indonesia tak boleh tertinggal akan tren ini.

"Tren global sedang peremajaan politik seperti di Kanada ada Justin Trudeau jadi perdana menteri, presiden Perancis Emmanuel Marcon sampai Sebastian Kurz kanselir di Austria. Ini tren global yang kita nggak bisa hindari," ujar Zaenal di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Adapun saat ini, lanjutnya, Malaysia yang bahkan bukan negara demokrasi sudah mulai mengikuti tren peremajaan politik yang tengah mendunia saat ini dengan memberikan kursi menteri untuk politikus muda.

"Untuk itu, kita perlu dorong tokoh muda, seperti AHY (Agus Harimurti Yudhoyono), Rommahurmuziy. Ukuran politikus muda di bawah 45 tahun. Kalau kita tidak dorong peremajaan politik, dikhawatirkan akan tertinggal seperti Malaysia yang indeks politiknya banyak melakukan perubahan," tandasnya. [ton]

Komentar

x