Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 16:51 WIB

LSI Nilai Jokowi Paling Galau Dibanding Lawannya

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 10 Juli 2018 | 20:33 WIB

Berita Terkait

LSI Nilai Jokowi Paling Galau Dibanding Lawannya
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, memaparkan hasil survei bertema 'Siapa Pasangan Capres dan Cawapres Ideal Pasca Pilkada?' di Jakarta. - (Foto: Inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby menilai cakon petahana Joko Widodo (Jokowi) maupun lawannya yang bertarung di Pemilu Presiden 2019 sama-sama lagi galau. Namun, Jokowi yang paling terlihat galau.

"Kita melihat keduanya galau. Jokowi sendiri maupun lawannya ya. Tapi lebih galau Pak Jokowi ya sama koalisinya," kata Adjie, Selasa (10/7/2018).

Karena, kata Adjie, situasi Jokowi sangat rumit dimana elektoralnya tak sekuat zaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Pemilu 2009. Sehingga, calon wakil presiden pendamping Jokowi harus bisa menambah insentif elektoral di Pemilu Presiden 2019.

"Sementara di sisi lain, koalisi partai banyak dan PDI Perjuangan yang dominan. Sehingga, sampai saat ini nama yang muncul belum mengerucut," ujarnya.

Namun demikian, Adjie mengatakan kedua-duanya baik Jokowi maupun lawannya masih galau karena Jokowi bingung dengan calon wakil presiden dan kelompok lawan pun belum tampaknya belum ada kesepahaman siapa yang maju sebagai calon presiden.

"Walaupun kita melihat ada semangat yang sama disana baik Prabowo Subinto, Gatot Nurmantyo atau pasangan lain. Ada semangat yang sama dari oposisi untuk menang dan mengalahkan Jokowi," jelas dia.

Artinya, kata Adjie, dengan kesamaan pandangan itu bisa menyatu dan melebur jadi satu kekuatan, baik apakah muncul satu pasangan atau dua pasangan.

"Jadi memang saat ini dua-duanya galau. Jokowi galau siapa cawapresnya, di pihak lain masih galau siapa yang layak melawan Jokowi," tandasnya. [ton]

Komentar

x