Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 00:27 WIB
 

Ini Cawapres Ideal untuk Jokowi versi LSI

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 10 Juli 2018 | 15:34 WIB
Ini Cawapres Ideal untuk Jokowi versi LSI
Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menguji nama-nama calon wakil presiden yang ideal untuk dipasangkan dengan petahana Joko Widodo (Jokowi) pada Pemilu Presiden 2019 pasca Pilkada Serentak 2018.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan ada empat komponen untuk calon pendamping Jokowi yang ideal sebagai wakil presiden berdasarkan keinginan masyarakat yang menghasilkan pemerintahan kuat.

"Yakni cawapres ideal Jokowi agar kuat di parlemen, mengerti dan kapabel soal ekonomi, didukung aparat hukum dan keamanan serta didukung tokoh agama berpengaruh," kata Adjie di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Ia menjelaskan untuk calon wakil presiden ideal Jokowi agar kuat di parlemen, ada ketua umum yang diuji berpotensi menjadi pendamping Jokowi yakni Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebesar 35,70 persen.

Kemudian, kata Adjie, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebesar 21,5 persen dan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Romi) sebesar 16,0 persen.

"Salah satu faktor yang menyebabkan Airlangga Hartarto teratas karena statusnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, partai pemenang kedua Pileg 2014," ujarnya.

Kedua, Adjie mengatakan untuk pendamping ideal Jokowi yang mengerti dan kapabel soal ekonomi ini diuji dari kalangan profesional yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani di urutan pertama sebesar 32,5 persen.

"Posisi kedua ada Menteri Kelautan dan Perikanan sebesar 24,5 persen yang disusul Chairul Tanjung sebesar 17,0 persen," jelasnya.

Selanjutnya, Adjie mengatakan calon wakil presiden yang ideal mendampingi Jokowi agar didukung oleh aparat hukum dan keamanan muncul nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebesar 32,6 persen.

"Disusul mantan Panglima TNI Moeldoko sebesar 29,0 persen. Selanjutnya, mantan Panglima TNI di era Presiden Soeharto yaitu Wiranto sebesar 25,7 persen," katanya.

Adjie menambahkan untuk calon Wakil Presiden yang ideal mendampingi Jokowi agar didukung oleh tokoh agama berpengaruh ada nama Ketua MUI KH Maruf Amin sebesar 21,0 persen.

Kemudian, disusul mantan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsuddin sebesar 17,2 persen. Posisi ketiga ada Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi sebesar 12,3 persen dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD sebesar 9,5 persen.[jat]

Komentar

Embed Widget

x