Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 06:35 WIB

Pemerintah Prioritaskan Angkat Guru Honorer

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 9 Juli 2018 | 21:23 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Prioritaskan Angkat Guru Honorer
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur mengaku belum memutuskan formasi pengangkatan ratusan ribu guru honorer menjadi PNS.

"Jangan salah pengertian, kita belum memutuskan," kata Asman di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (9/7/2018).

Menurut dia, memang pihaknya akan memprioritaskan pengangkatan guru baru karena dari Kementerian Pendidikan dan Budaya menyampaikan ada kekurangan guru.

"Mendikbud menghitung kekurangan guru, kemudian minta ada pengangkatan guru tahun ini. Jangan disalah-artikan, belum diputuskan," ujarnya.

Namun, Asman mengatakan bagi guru honorer yang ingin diangkat menjadi peserta Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu harus mengikuti tes terlebih dahulu sesuai aturan Undang-undang yang berlaku.

"Ya (harus tes), karena Undang-undang. Kalau enggak ikut prosedur itu, melanggar UU. Jadi kalau guru honorer yang umurnya 35 tahun kebawah silahkan ikut tes," jelas dia.

Ia mengatakan saat ini masih difinalisasi dan ditargetkan segera untuk formulasinya, kemungkinan ditargetkan paling lama akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus 2018 sehingga langsung dilakukan tes supaya akhir tahun 2018 selesai.

"Jadi belum ditetapkan. Kekurangan itu sedang dikumpulkan berdasarkan data Kemendikbu dan usulan dari daerah, karena yang pakai guru daerah juga ada kabupaten/kota," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x