Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 12 Desember 2018 | 04:58 WIB

Tim Pansel Hakim MK Temui KPK Bahas Rekam Jejak

Oleh : Ivan Sethyadi | Senin, 9 Juli 2018 | 13:23 WIB

Berita Terkait

Tim Pansel Hakim MK Temui KPK Bahas Rekam Jejak
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menemui para pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (9/7/2018)siang ini.

Tujuannya, untuk meminta masukan KPK terkait rekam jejak para calon Hakim MK. Adapun Pansel Calon Hakim MK yang menemui pimpinan KPK yakni, Ketua Pansel, Harjono; Sekretaris Pansel, Cecep Sutiawan; serta dua Anggotanya, Mas Ahmad Santosa dan Zainal Arifin Muchtar.

"(Tim pansel) akan diterima oleh Pak Agus, Pak LMS (Laode M Syarief), dan Bu BP (Basaria Panjaitan) rencananya," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

Nantinya, tim pansel akan meminta rakam jejak para calon Hakim MK kepada KPK mulai dari laporan harta, serta ada tidaknya catatan pidana terhadap pada calon Hakim MK.

Diketahui sebelumnya, tim pansel sedang mencari satu nama calon hakim MK untuk nantinya diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Calon tersebut nantinya akan menggantikan posisi Hakim Maria Farida yang telah habis masa tugasnya pada 13 Agustus 2018.

Sejauh ini, sudah ada sembilan nama calon hakim MK yang telah lolos seleksi tes tulis. Mereka antara lain Anna Erliyana, Enny Nurbaningsih, Hesti Amiwulan Sochmawardiah, Jantje Tjiptabudy, Lies Sulistiani, Ni'matul Huda, Ratno Lukito, Susi Dwi Harijanti, dan Taufiqurrohman Syahuri.

Kesembilan calon hakim MK yang telah lolos tes tertulis akan menjalani tahapan selanjutnya hingga disaring satu nama. Satu nama tersebut akan diserahkan ke Jokowi untuk dipertimbangkan dan diputuskan sebagai pengganti Hakim Maria Farida. [rok]

Komentar

Embed Widget
x