Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 15:51 WIB

KPK Periksa Politisi PKB Abdul Malik Haramain

Oleh : Ivan Sethyadi | Senin, 9 Juli 2018 | 11:24 WIB

Berita Terkait

KPK Periksa Politisi PKB Abdul Malik Haramain
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Malik Haramain, hari ini (Senin, 9/7/2018).

Mantan Kapoksi Komisi II DPR RI tersebut diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi sesaat tadi.

Selain Abdul Malik, tim penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap saksi lain, yakni Staf PNS Ditjen Dukcapil Kemendagri, Achmad Purwanto; mantan Kabiro Perencanaan Kemendagri, Yuswandi Temenggung; serta Kasubbag Sistem dan Prosedur Ditjen Dukcapil Kemendagri, Endah Lestari.

Dalam kasus ini, Markus diduga memperkaya sejumlah korporasi yang terkait dalam pelaksanaan proyek e-KTP. Kemudian pada tahun 2012, saat itu dilakukan proses pembahas anggaran untuk perpanjangan proyek e-KTP sekitar Rp 1,4 triliun. Markus diduga meminta uang kepada Irman, pejabat Kemendagri yang sekarang sudah berstatus terdakwa di kasus e-KTP.

Markus diduga meminta uang kepada Irman sebanyak Rp 5 miliar. Sebagai realisasi permintaan tersebut, Markus diduga telah menerima sekitar Rp 4 miliar. Markus Nari juga sebelumnya sudah berstatus tersangka dalam perkara menghalangi proses hukum kasus korupsi e-KTP. [rok]

Komentar

Embed Widget
x