Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 19:27 WIB
 

2 Ekor Arapaima Gigas Ditangkap di Kali Sukodono

Oleh : - | Senin, 9 Juli 2018 | 10:55 WIB
2 Ekor Arapaima Gigas Ditangkap di Kali Sukodono
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Sidoarjo - Ikan Arapaima Gigas sepertinya tak hanya dilepas di Sungai Brantas saja, melainkan juga ada yang sengaja melepas ke kali atau avour.

Buktinya para warga dan pemuda Desa Bangsri Kecamatan Sukodono berhasil menangkap ikan predator atau biasa menyantap ikan-ikan yang dijumpainya saat berada di perairan, Minggu (8/7/2018).

Ikan Araipama itu ditangkap pencari ikan di Dam Dusun Dukub, Desa Bangsri, oleh Hasanudin, M Bastomi, Joko dan M. Ridho. "Ikannya besar dan berat sekali," kata Bastomi di depan warga.

Ikan yang mempunyai panjang tubuh 160 sentimeter itu berhasil ditangkap warga dengan jaring saat muncul di permukaan sekitar bendungan air Dusun Dukuh.

Ada dua TKP penangkapan ikan Arapaima Gigas (Karnifora) itu. Satu tertangkap di Bangsri dan Desa Cangkringsari keduanya masuk wilayah Kecamatan Sukodono.

Ikan yang berasal dari perairan Amazon itu menjadi buruan warga sejak Sabtu (7/7/2018) kemarin. Namun ikan sisik tubuhnya mirip seperti ikan jenis Arwana itu belum bisa ditangkap.

Diburunya ikan di Kali Bangsri sampai Dungus Sukodono juga mengundang ratusan warga. Mereka berjajar dan penasaran ingin melihat ikan Arapaima Gigas dari tanggul sungai.

Sempat terperangkap jaring ikan yang dilempar warga pencari ikan di Dungus Sukodono, tapi 'mberosot' atau lepas.

Amin salah satu warga Bangsri bercerita, mengetahuiada ikan Arapaima Gigas itu dirinya dan warga melihat ada ombak seperti ikan besar.

Setelah dipastikan ikan yang membawa ombak itu ikan Arapaima Gigas, lansung beramai-ramai dilempar jaring dan berhasil ditangkap. "Sejak kemarin muncul, baru hari ini bisa ditangkap," tandasnya.

Kepala Desa Bangsi Moh Sumiyar menyatakan, Arapaima Gigas akan diserahkan kepada pihak yang berwenang atau BKIPM (Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan).

Saat warga berburu ikan itu juga dilihat oleh Indra Virdiana petugas BKIPM. "Arapaima Gigas ini pasti akan kami serahkan kepada dinas yang menangani," tandasnya. [beritajatim]

Tags

Komentar

x