Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 16:51 WIB

Langgar Etik Saat Pilkada,Enam ASN Kalbar Disanksi

Minggu, 8 Juli 2018 | 14:30 WIB

Berita Terkait

Langgar Etik Saat Pilkada,Enam ASN Kalbar Disanksi
Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar Faisal Riza - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Pontianak - Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat memastikan enam aparatur sipil negara (ASN) di wlayah tersebut melakukan pelanggaran etik dengan terlibat politik praktis di Pilkada Kalbar.

Anggota Bawaslu Provinsi Kalbar Faisal Riza mengungkapkan, keenamnya dikenakan sanksi administrasi hingga teguran keras.

Berdasarkan peraturan pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, tertulis bahwa seorang ASN yang diduga melakukan pelanggaran lebih dahulu dipanggil secara tertulis oleh pejabat yang berwenang untuk pemeriksaan.

Apabila pemanggilan tersebut tidak dipenuhi, akan dilakukan pemanggilan kedua. Jika yang bersangkutan tidak hadir juga, pejabat yang berwenang menghukum menjatuhkan hukuman disiplin berdasarkan alat bukti dan keterangan yang ada tanpa dilakukan pemeriksaan.

Namun lantaran proses tersebut dipersingkat oleh Kemendagri, maka ASN akan langsung diberhentikan sementara setelah sidang selesai digelar.

Ia menyebutkan dari enam ASN tersebut, dua ASN di Kabupaten Sanggau mendapat teguran sedang dan tertulis, dua ASN di Kabupaten Landak diberikan sanksi keras dan dua lainnya sedang dalam proses.

"Empat di antaranya sudah diberikan sanksi, sedangkan dua lainnya masih dalam proses," ujarnya di Pontianak, Minggu (8/7/2018).

Dua anggota KPPS di Kapuas Hulu dan Kota Pontianak juga dipecat karena melakukan pelanggaran administrasi. Adapun indeks kerawanan penyelenggaraan pilkada di Kalbar sudah berhasil ditekan dengan kesiapan dari instansi terkait dan dukungan semua lapisan masyarakat.

"Namun perlu ada peningkatan kapasitas pengawas dan pihak penyelenggara pemilu karena pelanggaran terjadi di tingkat bawah," tandasnya. [tar]

Komentar

x