Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:51 WIB

Soekarwo Nilai Kebudayaan Bawa Kemajuan Bangsa

Minggu, 8 Juli 2018 | 09:29 WIB

Berita Terkait

Soekarwo Nilai Kebudayaan Bawa Kemajuan Bangsa
(foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo menegaskan, kebudayaan merupakan basis utama untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju, kuat dan berdaya saing.

Untuk itu, ia selalu menjadikan Jawa Timur sebagai wilayah yang berbasis kebudayaan dengan diperkuat nilai-nilai spiritual yang ada. Ia pun menegaskan pentingnya menjaga kelestarian seni dan budaya serta kearifan lokal.

"Pelestarian seni, budaya dan kearifan lokal tersebut juga memperkuat keguyuban, kerukunan dan sekaligus penghargaan terhadap perbedaan. Lewat seni dan budayalah suasana batin yang kotor bisa dibasuh," ujar pria yang akrab disapa Pakde Karwo ini, Minggu (8/7/2018).

Ia lalu menilai nilai kebudayaan dan spiritual juga ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia saar melaksanakan mudik Lebaran untuk bertemu sanak saudara di desa.

"Terdapat 20 juta orang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman membawa nilai kebersamaan dan kekeluargaan. Inilah basis kebudayaan, spiritual dengan di dalamnya terdapat nilai kultur yang baik," katanya.

Pria berkumis ini lalu menjelaskan posisi Taman Candra Wilwatikta yang berada di bawah kaki Gunung Penanggungan ini terdapat 122 candi di area sekitarnya.

Keberadaan candi ini, lanjutnya, menunjukkan adanya nilai sejarah yang diwariskan oleh para leluhur. "Di sekitar taman ini, terdapat Candi Jawi yang mempresentasikan Candi Hindu-Budha. Itulah hakikat kebudayaan dari leluhur kita," tandasnya. [berita jatim]

Komentar

Embed Widget
x