Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 13:38 WIB

KPU Jatim Tolak Usulan Saksi Paslon No. 2

Sabtu, 7 Juli 2018 | 15:38 WIB

Berita Terkait

KPU Jatim Tolak Usulan Saksi Paslon No. 2
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Ketua Bawaslu Jatim M. Amin menegaskan bahwa permasalahan yang bisa dibahas pada Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi dalam Pilgub Jatim 2018 hanyalah seputat perolehan suara saja.

Di luar itu, Ia mempersilakan Tim Pemenangan masing-masing paslon untuk membuat aduan yang dikirimkan kepada Bawaslu Jatim.

Hal ini diungkapkan Amin terkait permohonan Tim Pemenangan paslon nomor urut 2 ketika pembacaan rekapitulasi Kabupaten Banyuwangi pada Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Tingkat Provinsi dalam Pilgub Jatim 2018.

"Jadi kalau diluar perolehan suara, silakan membuat aduan kepada kami. Yang dibahas disini hanyalah terkait perolehan suara saja," jelas Amin.

"Terkait perolehan dan perhitungan suara ini juga, kalau sudah selesai dibacakan dan pada prosesnya tidak ada keberatan dari saksi maka sudah dianggap sah," tambahnya.

Permasalahan ini berawal ketika Martin Hamonangan selaku saksi dari paslon 2 meminta agar KPU Kabupaten Banyuwangi membacakan surat keberatan dari saksi mereka yang ada di sana. Permohonan itu ditolak oleh KPU Jatim berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Jatim dikarenakan tidak terkait dengan proses penghitungan suara.

Sebagai informasi, hingga pukul 14:19 WIB proses rekapitulasi yang dilakukan telah hampir tuntas. Dari 38 Kabupaten/Kota, hanya tinggal 3 Kabupaten yang belum memaparkan hasil rekapitulasi dari wilayah masing-masing.[beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x