Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 02:54 WIB

Kasus Suap Bupati Subang

Dirut PT Pura Binaka Mandiri Jadi Tersangka

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 7 Juli 2018 | 01:03 WIB

Berita Terkait

Dirut PT Pura Binaka Mandiri Jadi Tersangka
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Direktur Utama PT.Pura Binaka Mandiri (PBM), Puspa Sukrisna alias Asun sebagai tersangka.

Asun dijadikan tersangka korupsi atas dugaan suap kepada Bupati Subang Imas Aryumningsih.

"Tersangka selaku dirut bersama-sama memberikan hadiah atau janji terkait perizinan PT PBM untuk membuat pabrik di Subang," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam konferensi pers di KPK, Jumat (6/7/2018).

Atas perbuatannya, Asun disangka melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau pasal 13 UU No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi sebagaimana diubah dengan UU No.20 Tahun 2001 Juncto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Perkara ini bermula dari tertangkapnya bupati Imas bersama tiga orang lainnya dengan barang bukti uang suap sebesar Rp337 juta.

"Pemberian suap dilakukan untuk mendapatkan izin membuat pabrik di Subang," ungkap Saut.

Dari dua perusahaan Asun, Bupati Imas dijanjikan mendapat uang total sebesar Rp1,4 miliar.

Sebagian uang suap itu, digunakan Imas untuk kepentingan kampanye Bupati. Selain uang, bupati juga menerima fasilitas pencalonan seperti baliho dan sewa kendaraan untuk kebutuhan kampanye.

"Diduga komitmen awal dee antara pemberi dan perantara adalah Rp4,5 miliar, sedangkan dugaan komitmen fee antara bupati ke perantara adalah Rp1,5 miliar," tandasnya.[jat]

Komentar

x