Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 07:14 WIB
 

Dapat Tongkat dari Ulama Ghana

KPK Minta Anies Laporkan Pemberian Tongkat

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 6 Juli 2018 | 22:11 WIB
KPK Minta Anies Laporkan Pemberian Tongkat
Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberian hadiah dari pendakwah Ghana kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menyarankan Anies segera melaporkan sejumlah pemberian antaranya tongkat dengan ukiran harimau di atasnya, kopiah, syal, dan dua kemeja khas Ghana dari seorang pendakwah bernama Muhammad Harun.

"Sebaiknya dilaporkan, karena itu kan dia menerimanya kapasitasnya sebagai apa? Itu akan lebih wise (bijaksana)," kata Saut Situmorang di Gedung KPK Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Menurut Saut, setelah Anies melaporkan hadiah-hadiah tersebut, pihaknya akan menilai apakah barang dari ulama Ghana itu ditetapkan sebagai milik negara atau tidak.

"Sebaiknya memang dilaporkan, kemudian nanti kalau setelah dinilai (apakah) dijadikan milik negara. Itu akan lebih bagus," ujarnya.

Sebelumnya, Anies menolak melaporkan hadiah dari ulama Ghana itu ke lembaga antirasuah. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayan itu berdalih pemberian tersebut bukan untuk dirinya secara pribadi, tapi untuk Gubernur DKI Jakarta.

"Saya akan taruh di Balai Kota semua. Kalau untuk Anies, saya laporkan. Ini buat Gubernur DKI Jakarta, ini jadi inventaris Pemprov," kata Anies saat ditemui di Hotel Grand Cempaka, Jakarta.[jat]

Komentar

Embed Widget

x